Rabu, 12 Mei 2010

RPP Tematik SD Kelas 1 Semester 2 "Peristiwa"

Tema : Peristiwa
Kelas / Semester : 1 / 2
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu : 75 jam

I. Standar Kompetensi
PKN:
3.Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah
4.Menerapkan kewajiban anak dirumah dan di sekolah
Bahasa Indonesia:
5.Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.
6.Mengucapkan pikiran perasaan dan informasi secara lisan dengan gambar percakapan sederhana dan dongeng.
7.Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
8.Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung.
Matematika:
4.Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka dalam pemecahan masalah.
5.Menggunakan pengukuran berat.
6.Mengenal bangun datar sederhana.
IPA:
4.Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
5.Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.

IPS:
2.Mendeskripsikan lingkungan rumah
SBK:
7.Mengapresiasi karya seni rupa.
9.Mengapresiasi diri melalui karya seni musik
11.Mengapresiasi karya seni tari
12.Mengapresiasikan diri melalui karya seni tari

II. Kompetensi Dasar
PKN:


-Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar dengan gembira dan di dengar pendapatnya.
-Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat.
Bahasa Indonesia:
-Mengulang deskrepsi tentang benda-benda disekitar.
-Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah sesuai.
-Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3-5 kata dengan intonasi yang tepat.
-Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung.
Matematika:
-Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
-Menyelesaikan masalah yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
-Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda.
-Mengenal segitiga, segi empat dan lingkaran.
IPA :
-Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percobaan.
-Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan.
-Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita.
IPS :
-Menceritakan kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga.
-Mendeskripsikan letak rumah.
SBK :
-Mengidentifikasi unsur rupa pada benda di sekitar kita.
-Mengelompokkan bunyi berdasarkan sumber bunyi yang dihasilkan alam.
-Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat.
-Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi.
III. Indikator
PKN :
-Menjelaskan hak anak dalam bermain dan belajar.
-Mengidentifikasi kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
Bahasa Indonesia:
-Menentukan nama-nama benda dideskripsikan yang sesuai dengan cirri-cirinya.
-Melakukan percakapan sederhana secara berpasangan atau kelompok dengan bimbingan guru.
-Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang benar.
-Menebalkan kalimat yang di tulis tegak bersambung.
-Menyalin syair puisi dengan huruf tegak bersambung.
Matematika:
-Bermain kartu bilangan penjumlahan dan pengurangan.
-Menentukan hasil dari operasi hitung bilangan.
-Menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
-Pengerjaan soal cerita yang berkaitan dengan berat, ringan.
-Mengidentifikasi benda di sekitar.
IPA :

-Menjelaskan benda-benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
-Mengidentifikasi berbagai benda langit.
-Menceritakan keadaan cuaca di sekitar kita.
IPS :
-Menyebutkan peristiwa yang pernah di alami.
-Mengidentifikasi ruang dalam rumah.

SBK :
-Membedakan dua dimensi dan tiga dimensi pada berbagai benda di alam sekitar.
-Mengelompokkan ukuran, bentuk dan warna pada dua dimensi dan tida dimensi di alam sekitar.
-Mengidentifikasikan unsure bunyi yang dihasilkan alam.
-Membedakan bunyi alam dan buatan.
-Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
-Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai dengan fungsinya.
-Melakukan bermacam-macam gerak berpindahan tempat berdasarkan fungsinya.
-Menunjukkan gerakan spontan mengikuti iringan musik yang diperdengarkannya.
-Menunjukkan gerak tari spontan yang sesuai dengan tempo dan dinamikanya.

IV. Tujuan Pembelajaran
PKN :
-Siswa dapat menjelaskan hak anak dalam bermain dan belajar.
-Siswa dapat mengidentifikasi kewajiban anak dirumah dan di sekolah.

Bahasa Indonesia:
-Siswa dapat menentukan nama-nama benda di deskripsikan yang sesuai dengan ciri-cirinya.
-Siswa dapat melakukan percakapan sederhana secara berpasangan atau berkelompok dengan bimbingan guru.
-Siswa dapat membaca teks pendek denga lafal dan intonasi yang benar.
-Siswa dapat menebalkan kalimat yang ditulis tegak bersambung
-Siswa dapat menyalin syair puisi dengan huruf tegak bersambung.

Matematika:
-Siswa dapat bermain kartu bilangan penjumlahan dan pengurangan.
-Siswa dapat menntukan hasil dari operasi hitung bilangan.
-Siswa dapat menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
-Siswa dapat mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan berat dan ringan.
-Siswa dapat mengidentifikasi benda di sekitar.

IPA :
-Siswa dapat menyebutkan benda-benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
-Siswa dapat megidentifikasi berbagai benda langit.
-Siswa dapat menceritakan keadaan cuaca disekitar kita.

IPS :
-Siswa dapat menyebutkan peristiwa yang pernah dialami.
-Siswa dapat mengidentifikasi ruang dalam rumah.

SBK :
-Siswa dapat membedakan dua dimensi dan tiga dimensi pada berbagai benda di alam sekitar.
-Siswa dapat mengelompokkan ukuran, bentuk dan warna pada dua dimensi dan tiga dimensi di alam sekitar.
-Siswa dapat mengidentifikasikan unsure bunyi yang dihasilkan alam.
-Siswa dapat membedakan bunyi alam dan buatan.
-Siswa dapat membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
-Siswa dapat mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai dengan fungsinya.
-Siswa dapat menunjukkan gerakkan spontan mengikuti iringan musik yang diperdengarkan.
-Siswa dapat menunjukkan gerak tari spontan yang sesuai dengan tempo dan dinamikanya.

V. Materi Ajar / MAPOK

Bahasa Indonesia:
-Hak dan kewajiban anak.
-Diskripsi tentang benda-benda di sekitar.
-Percakapan sederhana.
-Membaca lancar teks pendek.
-Menulis huruf tegak bersambung.

Matematika:
-Operasi hitung bilangan.
-Soal cerita yang berkaitan dengan berat dan ringan.
-Bangun datar.

IPA:
-Gerak benda.
-Benda-benda langit.
-Peristiwa alam.

IPS:
-Peristiwa masa kecil.
-Lingkungan rumah.

SBK:
-Berbagai jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi dan tiga dimensi pada berbagai benda.
-Keragaman unsure musik.
-Melakukan gerak tari bersumber dari gerak hewan, tumbuhan dengan iringan musik.

VI. Metode Pembelajaran
- Ceramah, Tanya jawab, Pemberian tugas, Atraktif

VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
No Kegiatan Belajar Pengorganisasian

Kegiatan Awal
-Tanya jawab tentang benda dan ciri-cirinya.
-Memberikan contoh kegiatan anak yang disukai atau yang tidak disukai (berdasarkan gambar).

Kegiatan Inti
-Menjelaskan hak anak dalam bermain dan belajar.
-Menyebutkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.

-Menentukan nama-nama benda berdasarkan ciri fisiknya.
-Mendiskripsikan nama-nama benda berdasarkan ciri fisiknya.
-Melakukan percakapan secara berpasangan tentang perasaan atau keinginan.
-Membaca lancar kalimat sederhana atau teks pendek.
-Melengkapi kalimat dengan kata yang sesuai teks.
-Menulis syair puisi dengan huruf tegak bersambung.

-Menentukan hasil dari operasi dan hitung bilangan penjumlahan dan pengurangan.
-Mengerjakan soal cerita yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan.
-Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan berat dan ringan.
-Memberi contoh benda-benda yang berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
-Mengelompokkan benda-benda bangun datar yang sejenis kemudian mewarnainya.

-Menyebutkan benda-benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
-Menggerakkan benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak secara bersamaan.
-Menyebutkan perbedaan musim hujam dan musim kemarau.
-Menceritakan tanda-tanda akan turunnya hujan.
-Menyebutkan benda langit.
-Menceritakan benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari.
-Menjelaskan hal-hal yang menyertai hujan (petir, guntur, angin kencang).
-Menyebutkan perbedaan suhu pada musim kemarau dan musim hujan.

-Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami.
-Menceritakan peristiwa menyenangkan yang pernah dialami sendiri.
-Menyebutkan macam-macam ruang dalam rumah.
-Menyebutkan benda-benda yang ada di setiap ruang.

-Membedakan antara gambar dua dimensi dan tiga dimensi dari contoh yang ada, kemudian mewarnainya.
-Membedakan bunyi atau suara yang bersumber dari alam (hewan, tumbuhan, ombak) dan buatan (musik, bel, lonceng).
-Melakukan gerak tari menirukan gerak hewan dan tumbuhan.

Kegiatan Akhir
-Mencatat hasil demontrasi.
-Mengumpulkan tugas.
-Menyanyikan lagu kupu-kupu dengan gerakkan.
-Memberikan PR.




VIII. Alat Dan Sumber Belajar
PKN
Alat:
-Gambar kegiatan di rumah dan di sekolah
Sumber:
-Buku penunjang PKN kelas I, pengalaman guru dan siswa.

Bahasa Indonesia
Alat:
Macam-macam benda
-Teks pendek
-Syair puisi
Sumber :
-Buku Penunjang : Erlangga hal 22 – 32.
-Pengalaman guru dan siswa

Matematika
Alat:
-Kartu bilangan
-Benda di sekitar
-Macam-macam bangun datar
-Timbangan
Sumber :
-Buku penunjang Erlangga hal : 87 – 105
-Buku penunjang Graha Multi G hal : 54 – 64
-Pengalaman guru dan siswa

IPA
Alat :
-Contoh benda muda bergerak dan sulit bergerak (kelerang, batu)
-Gambar benda langit
-Contoh gambar musim hujan dan musim kemarau
Sumber :
-Buku penunjang Erlangga hal : 70 – 81
-Pengalaman guru dan siswa

IPS
Alat :
-Gambar peristiwa masa kecil
Sumber :
-Peristiwa Hidupku Erlangga hal : 62 – 73
-Pengalaman guru dan siswa

SBK:
Alat :
-Kaset, gambar (lukisan), benda-benda sekitar
Sumber:
-Buku penunjang Ganeca Exact hal : 1 – 9, 16 – 28
-Lingkungan sekitar
-Pengalaman guru dan siswa

VI. Penilaian
PKN
Tes lisan
-Sebutkan permainan yang pernah kamu lakukan ?
-Bagaimanakah cara bermain yang baik ?
-Apa yang kamu lakukan setelah bermain ?
dan lain-lain


Tes tertulis
Isilah titik-titik dibawah ini
1.Kewajiban anak sekolah adalah……
2.Selain belajar, kita harus ……….. orang tua
3.Nasehat orang tua harus kita…….
dan lain-lain

Bahasa Indonesia
Tes kinerja
Deskripsikan benda ini berdarsarkan ciri-cirinya
1. Bentukku……..
Warna kulitku……..
Bila aku sudah masak rasanya……
Aku adalah…….
2. Bentukku……
Aku terbuat dari……
Aku dipakai untuk……
Aku adalah…….

Tes perilaku atau sikap
Lakukan percakapan dengan teman sebangkumu tentang kegiatan atau benda yang kamu sukai beserta alasannya!

Tes produk
Lengkapilah kalimat dibawah ini lalu bacalah!
1.Lampu kamar padam, kamar akan………
2.Ia malam belajar, nanti ia menjadi anak……
3.Menonton televisi terlalu dekat, lama-lama mata menjadi……
dan lain-lain

Matematika
Tes tulis
23 + 16 = 34 + 15 = 25 24
27 + 12 = 23 + 15 +

Kerjakan soal berikut ini!
-Paman mempunyai 34 apel.
Memetik lagi 21 apel
Apel paman sekarang ada…….
-Dikolam ada 49 ekor ikan mas
Dipancing 23 ekor ikan
Ikan mas di kolam sekarang tinggal……
dan lain-lain

Tes produk
1.Berat mana antara satu semangka dan satu jeruk ?
2.Ibu membeli 2 kg beras.
Ibu juga membeli 1 kg telur ayam
Berat mana beras dengan teluryang di beli ibu?
dan lain-lain

Tes kinerja

Benda disamping berbentuk…….


Penggaris berbentuk……….

Jam dinding berbentuk…….





IPA
Tes kinerja



Kelereng Dadu
Lemparkan kedua benda diatas , lalu amatilah!
1.Benda apa yang bergerak lebih lama?
2.Benda apa yang cepat berhenti?
3.Jadi bagaimana pendapatmu?


Tes tertulis
Isilah titik-titik dengan jawaban yang benar
1.Sepeda mudah dikayuh karena bentuk rodanya………
2.Tiang listrik ,rumah adalah benda-benda yang……….
3.Mobil, roda, bola adalah benda-benda yang………
4.Matahari,bulan dan bintang disebut benda……….
5.Benda langit yang tampak dimalam hari adalah…….
6.Awan gelap, langit mendung tanda akan……..
7.Cahaya seperti listrik saat hujan dinamakan…….
8.Musim kemarau udra terasa…….
dan lain-lain

Tes kinerja
1.Sebutkan peristiwa apa saja yang pernah kamu alami
2.Dimanakah periatiwa itu terjadi
3.Sebutkan 3 contoh peristiwa menyenangkan yang pernah kamu alami
dan lain-lain

Tes tulis
Jawablah pertanyaan dibawah ini!
1.Sebutkan ruang apa saja yang ada dirumahmu
2.Sebutkan benda apa saja yang ada diruang tamu
3.Benda apa saja yang ada di kamar mandi
dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Toggle