Rabu, 12 Mei 2010

RPP Tematik SD Kelas 1 Semester 1 "Pengalaman"

Tema : Pengalaman
Kelas / Semester : I / I
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 60 jam


I. Standar Kompetensi
PKN :
1. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
2. Membiasakan tertib dirumah dan disekolah.

Bahasa Indonesia :
1. Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang di lisankan.
2. Mengungkapkan pikiran, perasan dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan benda dan fungsi anggota tubuh dan deklamasi.
3. Memahami teks pendek dengan membaca nyring.
4. Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan, mencontoh, melengkapi dan menyalin.

Matematika :
Geometri dan pengukuran.
2. Menggunakan pengukuran waktu dan panjang.
3. Mengenal beberapa bangun ruang.

IPA :
Mahkluk hidup dan proses kehidupan.
1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara-cara perawatannya.
2. Mengenal cara memelihara lingkungan agar tatap sehat.
3. Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan perubahan bentuk benda.

IPS :
1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.


SBK :
1. Mengapresiasi karya seni musik.
2. Mengekpresikan diri melalui karya seni rupa.
3. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
4. Mengapresiasi karya seni tari.
5. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.

II. Kompetensi Dasar
PKN :
- Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama dan suku bangsa.
- Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah dan di sekolah.
- Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.
- Menjelaskan pentingya tata tertib di rumah dan di sekolah.
- Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah.

Bahasa Indonesia :
- Membedakan berbagai bunyi bahasa.
- Menyapa orang lain dengan menggunakan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yangsantun.
- Membaca nyring kalimat sedehana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
- Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar.

Matematika :
- Menentukan lama suatu kegiatan berlansung.
- Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana (balok, prisma, tabung, bola, kerucut) dan lain-lain.
- Menentukan urutan benda-benda ruang yang sejenis menurut besarnya.

IPA :
- Membiasakan hidup sehat.
- Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sehat.
- Mengenal benda yang dapat di ubah bentuknya.
- Mengidentifikasikan lingkungan benda di lingkungan sekitar.

IPS :
- Menceritakan pengalaman diri.
- Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga.

SBK :
- Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada benda di alam sekitar
- Mengekspresikan diri melalui tehnik menggunting, menyobek.
- Menampilkan pola irama sederhana.
- Menyanyikan lagu anak-anak secara individu kelompok atau klasikal.
- Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah.
- Menampilkan unsur gerak tari di depan penonton.

III. Indikator
PKN :
- Menunjukkan sikap sikap saling menyayangi.
- Menghargai dan tidak membeda-bedakan dalam kegiatan sehari-hari di rumah dan di sekolah
- Menjelaskan contoh hidup rukun dan tidak rukun melalui kegiatan di rumah daan di sekolah.
- Menerapkan hidup rukun dengan saling menyayangi dan menghargai dalam kegiatan di rumah dan di sekolah.
- Menjelaskan perlunya ada tata tertib di rumah dan di sekolah.
- Mengklasifikasi kegiatan mentaati dan melanggar tata tertib di rumah dan di sekolah.

Bahasa Indonesia :
- Mengenal bunyi bahasa dengan benar.
- Membedakan bunyi bahasa (di awal dan di akhir kata).
- Melafalkan bunyi bahasa secara tepat.
- Menyapa orang yang lebih tua dengan bahasa yang santun.
- Menyampaikan izin, terima kasih dan permohonan maaf kepada teman
- sebaya dan kepada orang yang lebih tua.
- Membaca nyaring kalimat yang telah terbentuk.
- Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang wajar.
- Menjawab pertanyaan sesuai teks bacaan.
- Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar.
- Menyalin kalimat yang sudah lengkap di buku tulis.


Matematika :
- Menyebut nama-nama hari dan bulan secara urut.
- Menyebutkan urutan nama hari dan bulan.
- Menyebutkan benda-benda yang secara geometris berbentuk bola, tabung, balok atau kubus.
- Mengurutkan benda-benda ruang yang sejenis dari yang kecil ke yang besar.

IPA :
- Menceritakan cara kebiasaan hidup sehat.
- Menjelaskan cara merawat tanaman hewan peliharaan dan lingkungan sekitar.
- Menceritakan perubahan bentuk benda.
- Mengidentifikasi benda di lingkungan sekitar (padat,cair,gas)

IPS :
- Menjelaskan peristiwa keluarga menurut cerita orang tua.
- Memberi contoh peristiwa keluarga yang menyedihkan yang pernah di alami.
- Menceritakan kasih sayang dalam anggota keluarga (kakak kepada adik)
- Menjelaskan manfaat kasih sayang dalam keluarga.
- Memberi contoh kasih sayang antara anggota keluarga.

SBK :
- Mengelompokkan berbagai jenis warna dan bentuk pada hasil karya buatan sendiri dan orang lain.
- Mengekspresikan diri dari berbagai obyek imajinatif melalui gambar,benda mainan atau hiasan dengan tehnik origami,potong, rekat.
- Mengekspresikan diri melalui gerakan tubuhdan tepuk bervariasi sesuai dengan lagu.
- Menyanyikan lagu dengan syair yang benar di iringi alat musik sederhana.
- Mampu menyanyikan lagu dengan penuh ekspresif.
- Menyanyikan lagu sesuai dengan dinamika suaranya.
- Mengelompokkan gerak tari sesuai dengan level.
- Memperagakan gerak keseimbangan pola lantai.
- Melakukn gerak tari dengan iringan musik atau nyanyian.
- Melakukan tarian pendek secara perorangan atau individu di depan penonton.

IV. Tujuan Pembelajaran
PKN :
- Siswa dapat menjelaskan sikap saling menyayangi dan menghargai dan tidak membeda-bedakan dalam kegiatan sehari-hari.
- Siswa dapat menyebutkan pengalaman hidup rukun dalam bermain di rumah dan di sekolah.
- Siswa dapat menyebutkan manfaat tata tertib.
- Siswa dapat menjelaskan akibat tidak tertib.

Bahasa Indonesia :
- Siswa dapat mebedakan bunyi bahasa (di awal dan di akhir kata)
- Siswa dapat melafalkan bunyi bahasa secara tepat.
- Siswa dapat menyebutkan kalimat sapaan yang sesuai dengan bahasa yang santun.
- Siswa dapat memperagakan cara izin, berterima kasih dan permohinan maaf kepada teman sebaya.
- Siswa dapat membaca nyaring teks pendek.
- Siswa dapat melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar, kemudian menyalin di buku tulis.

Matematika :
- Siswa dapat menyebutkan nama-nama hari secara urut.
- Siswa dapat menyebutkan nama-nama bulan secara urur.
- Siswa dapat menyebutkan benda-benda berbentuk bola, tabung, balok, atau kubus.
- Siswa dapat mengelompokkan benda-benda menurur bentuk, permukaan atau ciri lainnya dan mewarnainya.
- Siswa dapat mengelompokkan benda-benda ruang yang sejenis.
- Siswa dapat mengurutkan benda-benda ruang yang sejenis di mulai dari yang kecil.

IPA :
- Siswa dapat menyebutkan kebiasaan hidup sehat di rumah.
- Siswa dapat menjelaskan perlunya membiasakan hidup sehat.
- Siswa dapat menjelaskan cara merawat tanaman, hewan peliharaan, dan lingkungan sekitar.
- Siswa dapat mengemukakan alasan perlunya peduli terhadap makhluk hidup dan lingkungannya.
- Siswa dapat membandingkan bentuk benda.
- Siswa dapat menceritakan perubahan bentuk benda karena perlakuan tertentu (di iris, di potong, di gunting dan lain-lain).
- Siswa dapat membedakan 3 macam benda di lingkungan sekitar.
- Siswa dapat menjelaskan sifat dari ketiga macam benda di lingkungan sekitar berdasarkan pengamatan.

IPS :
- Siswa dapat menceritakan peristiwa keluarga menurut cerita orang tua.
- Siswa dapat menyebutkan peristiwa keluarga yang menyedihkan yang pernah di alami sendiri.
- Siswa dapat menyebutkan peristiwa yang terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang tua.
- Siswa dapat menceritakan kasih sayang dalam anggota keluarga.
- Siswa dapat menyebutkan manfaat kasih sayang.
- Siswa dapat menjelaskan akibat jika tidak ada kasih sayang.

SBK :
- Siswa dapat membedakan benda dua dan tiga dimensi pada benda di lingkungan sekolah.
- Siswa dapat membuat mainan atau hiasan dengan tehnik origami, potong, dan lekat.
- Siswa dapat memperagakan gerak kaki dan tangan sesuai dengan fungsinya.
- Siswa dapat menyanyikan lagu anak sesuai dengan tanda dinamikanya dan alat musik yang di mainkan.
- Siswa dapat memperagakan ketukan pada sebuah lagu yang di nyanyikan orang lain.
- Siswa dapat menyanyikan lagu secara individu, kelompok atau klasikal dengan penuh ekspresif.
- Siswa dapat melakukan gerak spontan yang di timbulkan oleh bunyi atau iringan musik.

V. Materi Ajar atau Mapok
PKN :
- Hidup rukun dan tidak rukun di rumah dan di sekolah.
- Tertib di rumah dan di sekolah.

Bahasa Indonesia :
- Pelafalan bunyi bahasa.
- Kalimat sapaan.
- Membaca bersuara kalimat sederhana (5-6 kalimat)
- Menulis huruf, kata dan kalimat sederhana.

Matematika :
- Satuan pengukuran
- Bangun ruang sederhana.

IPA :
- Kebiasaan hidup hemat.
- Cara merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar.
- Benda berubah bentuk.
- Benda di lingkungan sekitar.

IPS :
- Peristiwa masa kecil.
- Kasih sayang dalam keluarga.

SBK :
- Berbagai jenis dan ukuran unsur rupa duadan tiga dimensi pada berbagai benda.
- Berbagai karya gambar ekspresi dan kerajinan.
- Keragaman unsur musik melalui lagu anak dan lagu wajib nasional.
- Unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan, tumbuhan dan manusia.

VI. Metode pembelajaran
- Ceramah, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas.


VII. Langkah-langkah pembelajaran.
No Kegiatan Belajar Pengorganisasian
1.




2.
*










*










*








*











*







*











3.
Kegiatan awal
- Bercerita tentang macam-macam permainan yang di lakukan di rumah dan di sekolah.
- Tanya jawab tentang pengalaman anak dalam bermain.

Kegiatan inti
- Menceritakan pengalamannya tentang saling menyayangi dan tidak membeda-bedakan (jenis kelamin, agama dan lain-lain.
- Menyebutkan contoh akibat jika tidak rukun ketika bermain dengan teman.
- Tanya jawab tentang suasana hidup rukun di lingkungan keluarga dan di sekolah.
- Menjelaskan adanya tata tertib di rumah dan di sekolah.
- Mendiskusikan tentang kegiatan mentaati tata tertib dan akibat melanggar tata tertib.

- Membedakan bunyi bahasa di awal dan di akhir kata lalu melafalkan.
- Memperagakan cara menyapa teman dengan kalimat sapaan yang sesuai.
- Menyampaikan izin, terima kasih dan permohonan maaf kepada teman sebaya dan kepada orang yang lebih tua.
- Membaca nyaring teks pendek dengan lafal dan intonasi yang wajar.
- Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar, kemudian menyalin di buku tulis.

- Menyebutkan nama-nama hari dan bulan secara urut.
- Menyebutkan urutan nama hari dan bulan.
- Menyebutkan contoh benda-benda yang berbentuk bola, tabung, balok, atau kubus.
- Mengelompokkan benda-benda atau ruang menurut benyuk, permukaan atau ciri lainnya.
- Mengurutkan benda-benda ruang yang sejenis di mulai dari yang kecil.

- Menyebutkan contoh kebiasaan hidup sehat.
- Menjelaskan manfaat membiasakan hidup sehat.
- Menjelaskan cara merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar.
- Membandingkan 2 bentuk benda.
- Menceritakan hasil perubahan bentuk benda karena perlakuan tertentu (di iris, di potong, di gunting dan lain-lain).
- Membedakan tiga macam benda lingkungan sekitar.
- Menjelaskan sifat dari ketiga macam benda di lingkungan sekitar, berdasarkan pengamatan.

- Menceritakan peristiwa yang terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang tua.
- Memberi contoh peristiwa keluarga yang menyedihkan yang pernah di lami
- Menceritakan kasih sayang dalam anggota keluarga.
- Menyebutkan manfaat kasih sayang.
- Menjelaskan akibat jika tidak ada kasih sayang.

- Membedakan benda dua dan tiga dimensi pada benda di lingkungan sekolah.
- Membuat mainan atau hiasan dengan tehnik origami, potong dan lekat.
- Memperagakan gerak kaki dan tangan sesuai dengan funsinya.
- Menyanyikan lagu anak sesuai dengan tanda dinamikannya dan alat musik yang di mainkan secara individu maupun klasikal atau kelompok.
- Melakukan gerak spontan yang di timbulkan oleh bunyi atau iringan musik.

- Kegiatan akhir
- Mencatat hasil pengamatan.
- Mengumpulkan tugas-tugas.
- Memanjangkan hasil kerja siswa.
- Pemberian PR.
Klasikal dan Individu

Individu / Klasikal


Individu


Individu

Klasikal dan Individu

Klasikal dan Individu
Berkelompok


Klasikal dan Individu

Individu

Individu

Individu

Individu


Individu dan Klasikal
Individu
Klasikal dan Individu

Klasikal danIndividu

Individu


Klasikal / Individu
Klasikal dan Individu
Klasikal dan Individu

Klasikal
Klasikal dan Individu


Klasikal
Klasikal dan Individu


Individu

Individu

Individu
Individu
Individu

Klasikal

Klasikal

Individu

Individu dan Klasikal


Individu



Individu
Klasikal
Individu
Individu

VIII. Alat dan sumber belajar
PKN
Alat :
- Gambar anak bermain.
Sumber:
- Penunjang PKN kelas I.

Bahasa Indonesia
Alat :
- Kartu huruf, kartu kata.
- Macam-macam kalimat sapaan
Sumber :
- Penunjang halaman 50-61 (Erlangga Ia).
- Pengalaman siswa dan guru.

Matematika
Alat :
- Kalender.
- Bola,kelereng, kotak, kapur, kaleng, dan lain-lain.
Sumber :
- Penunjang Erlangga Ib halaman 62-83.
- Pengalaman siswa dan guru.

IPA
Alat :
- Macam-macam benda air, kecap, mangkuk, piring, botol, danlain-lain.
- Contoh gambar kebiasaan hidup sehat.(anak menggosok gigi, mencuci tangan, dan lain-lain)
Sumber:
- Penunjang Erlangga halaman 16-22.
- Pengalaman siswa dan guru.
- Lingkungan sekitar (taman sekolah).

IPS
Alat :
- Contoh gambar kegiatan di rumah dan di sekolah.
Sumber :
- Penunjang Erlangga halaman 22-26.
- Pengalaman siswa dan guru.

SBK
Alat :
- Media elektronik (tv, tape, mp3, dan lain-lain)
Sumber :
- Buku penunjang Erlangga halaman 96-126.
- Lingkungan, alam, guru, dan siswa.

IX. Penilaian
PKN
Tes lisan
1. Dengan siapa kita bermain ?
2. Komang beragama hindu, Rusli beragama islam.
Komang ingin bermain dengan Rusli, bagaimana sikap Rusli ?
3. Permainan apa yang biasanya di gemari anak perempuan ?
4. Bagaimana sebaiknya jika bermain ?
5. Apa yang kamu lakukan, jika temanmu brbuat curang ?
6. Adakah peraturan dalam bermain ? sebutkan ?
7. Apa yang kamu lakukan setelah bermain ?
8. Apa akibatnya jika bermain tidak tahu waktu ?
dan lain-lain.

Tes sikap atau kinerja
1. Diskusikan dengan teman kelompokmu!
No Kegiatan di rumah Suasana rumah
1.
2.
3.
4.
5. Makan bersama anggota keluarga
Membersihkan rumah bersama-sama
Menonton tv bersama-sama
Berebut mainan dengan adik
Papa, mama selalu bertengkar
dll …………
…………
…………
…………
…………

2. Diskusikan dengan teman kelompokmu!
No Kegiatan Manfaatnya Akibatnya
1.
2.
3.
4.
5. Berbuat curang waktu bermain
Bermain dengan rukun
Pandai membagi waktu bermain dan belajar
Jika bermain lupa belajar
Menonton tv sampai larut malam …………
…………
…………
…………
………… …………
…………
…………
…………
…………
3. Anak yang jujur dalam bermain akan disenangi ……….
4. Jika anggota keluarga rukun, suasana rumah menjadi ………

Tes tertulis
Isilah titik-titk di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Sebaiknya kita bermain dengan……………
2. Jika berbuat curang waktu bermain, akibatnya………….
3. Anak yang jujur dalam bermain akan di senagi………….
4. Jika anggota keluarga rukun, suasana rumah menjadi…………..
5. Anton selalu tapat waktu tidur, Anton mentaati tata tertib di…………
dan lain-lain.

Bahasa Indonesia
Tes Produk.
Buatlah kata yang mempunyai bunyi awal di bawah ini!


1. …………….. 1. …………….. 1. ……………..
2. …………….. 2. …………….. 2. ……………..
3. …………….. 3. …………….. 3. ……………..
Buatlah kata yang mempunyai bunyi akhir di bawah ini!



1. …………….. 1. …………….. 1. ……………..
2. …………….. 2. …………….. 2. ……………..
3. …………….. 3. …………….. 3. ……………..

Tes kinerja.
1. Peragakan cara menyapa teman sebangkumu, jika kamu bertemu di toko !
2. Peragakan, jika kamu minta izin kebelakng !
3. Apa yang kamu laukan jika penggaris yang kamu pinjam itu patah ? peragakan ke depan !
dan lain-lain.

Tes tertulis
Lengkapilah kalimat di bawah ini, berdasarkan gambar !
1. Mata kakek itu………..
2. Mina……………kakek
3. Terima kasih kata………….
4. Sama-sama, jawab…………..
Bacalah teks di atas dengan suara nyaring!

Matematika
Tes kinerja
1. Sebutkan nama-nama hari dalam satu minggu !
2. Dua hari setelah kamis adalah hari ?
3. Sebutkan nama-nama bulan dalam satu tahun !
4. Bulan agustus adalah bulan ke berapa?
dan lain-lain.

Tes tertulis
Kerjakan soal di bawah ini!
1. Dalam 1 minggu ada ……… hari
2. Kemarin hari minggu, sekarang hari ………..
3. Bulan ke 11 adalah bulan ……….
4. Bulan april adalah bulan ke………
dan lain-lain.

Bangun ruang.
Tes Kinerja
1. Sebutkan benda-benda yang berbentuk tabung !
2. Benda apa saja di kelasmu yang berbentuk balok ?
3. Berikan contoh benda yang berbentuk bola ?
dan lain-lain.

Tes produk
Pehatikan macam-macam gambar bangun ruang !
1. Kelompokkan benda yang berbentuk tabung, berilah warna hijau !
2. Kelompokkan benda yang berbentuk balok, berilah warna merah !
3. Kelompokkan benda yang berbentuk bola, berilah warna kuning 1

Tes Tertulis.
Kejakan soal di bawah ini !
1. Termos, botol, kaleng susu adalah benda yang berbentuk……………
2. Kelereng, semangka, duku adalah benda yang berbentuk……………

a. b. c. d. e. f.


- Urutkan gambar bola di atas dari yang kecil!
- Urutkan gambar bola di atas dari yang besar!
dan lain-lain.

IPA
Tes kinerja.
1. Sebutkan kebiasaan apa yang harus kamu lakukanagar tubuh tetap sehat !
2. Kapan kita harus menggosok gigi ?
3. Apa yang harus kamu lakukan agar tanamanmu agar tumbuh segar dan subur ?
4. Peragakan ke depan cara menggosok gigi yang benar !
dan lain-lain.

Tes tertulis.
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Aagar tubuhku sehat, aku makan makanan yang……………
2. Setelah bermain badanku kotor, aku segera……………….
3. Hewan peliharaan setiap hari harus di beri……….dan………..
4. Agar tumbuh segar tanaman harus di……………..
dan lain-lain.

Mapok : Benda.
Tes kinerja
Perhatikan macam-macam benda berikut ini !
1. Semangka.
2. Roti.
3. Es batu.
4. Lilin.
5. Tanah liat.
6. Air.
7. Kelereng
dan lain-lain.

Lakukan pengamatan berikut!
1. Semangka bentukanya?
Bila diiris jadi dua, apakah bentukanya tetap bulat?
Jadi semangka bila diiris akan berubah………
2. Es batu dalam plastik jika di biarkan, apa yang terjadi?
Perubahan apa yang terjadi pada es batu?
3. Ambillah contoh benda padat!
Letakkan di dalam plastik, lalu pindahkan ke mangkuk, adakah perubahan bentuk benda padat tersebut?
4. Ambilah air, masukkan kedalam botol lalu pindahkan ke mangkok!
Bagaimana bentuk air dalam botol?
Bagaimana bentuk air dalam mangkok?
dan lain-lain

Tes tertulis
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. Tanah liat bisa di ubah bentuknya menjadi…………….
2. Kayu dapat di ubah bentuknya menjadi………………..
3. Air dalam gelas bentuknya seperti……………………
4. Setiap hari kita menghirup………………..
5. Udara, angin, asap termasuk benda………………
6. Benda-benda di lingkungan kita pada dasarnya ada 3 macam yaitu…………….
7. Berikan contoh benda cair !
dan lain-lain.

IPS
Tes lisan
1. Mempunyai adik baru, adalah peristiwa dalam keluarga yang bagaimana ?
2. Kakek meninggal dunia, adalah peristiwa dalam keluarga yang bagaimana ?
3. Berikan contoh peristiwa dalam keluarga yang menyedihkan !
4. Apa yang kamu lakukan jika adikmu kesuliatan mengerjakan PR ?
5. Berilah contoh kasih sayang antar anggota keluarga !
dan lain-lain.

Tes Tertulis
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Ayah di rawat di rumah sakit, adalah peristiwa dalam keluarga yang…………..
2. Kakak melangsungkan pernikahan, adalah peristiwa dalam keluarga yang………………
3. Jika ibu sakit semua anggota keluarga mersa…………..
4. Dengan anggota keluarga kita harus saling……………..
5. Jika adik dan kakak selalu bertengkar, ayah dan ibu akan …………..
6. Jika anggota keluarga saling menyayangi, suasana rumah menjadi…………
dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Toggle